Ingin Membeli rumah Bersubsidi? Inilah Persyaratan yang Harus Kamu Miliki

Membeli rumah dengan sistem KPR ini memang gampang-gampang susah, terlebih membeli rumah dengan cara ini kamu akan ditemukan dengan namanya suku bunga yang dimana harga beli rumah tersebut akan lebih mahal dari pada membeli rumah dengan cara tunai atau cash.


Tapi mungkin kamu pernah mendengar perumahan yang menjual rumah dengan harga yang lebih murah, bagai mana caranya? Carilah perumahan yang memiliki subsidi dari negara, dengan begitu harga beli rumahpun akan lebih murah, entah itu dari mulai biaya DP ataupun biaya cicilannya.

Untuk menggetahui bahwa rumah tersebut merupakan perumahan bersubsidi, maka kamu haru mencari berbagai informasi di pengembang, dan apa saja sih syaratnya untuk bisa membeli rumah bersubsidi ini? mari kita bahas bersama.

WNI dan Belum Memiliki Rumah

Syarat pertama yang harus kamu miliki yang pasti bahwa kamu merupakan WNI dan juga belum pernah sama sekali memiliki rumah, jadi buat kamu yang merasa kalangan ekonomi menengah keatas dan membeli rumah bersubsidi untuk sekedar investasi, sebaiknya jangan pernah kamu lakukan, karena program rumah bersubsidi ini sengaja diadakan untuk pemerataan kesejahteraan yang diupayakan untuk seluruh masyarakat Indonesia dari kalangan ekonomi menengah kebawah.

Bekerja dan Berpenghasilan

Syarat kedua untuk bisa memiliki rumah bersubsidi ini adalah dimana kamu diharuskan telah bekerja dan berpenghasilan minimal selama satu tahun, dan syarat KPR untuk memperoleh perumahan bersubsidi ini minimal kamu harus memiliki penghasilan sebesar 4 juta perbulannya, selain umur juga diperhatikan dimana kamu bisa membeli rumah jika usia kamu telah mencapai 21 satu tahun, atau sudah menikah.

Rekam Jejak Bank yang Baik

Dan yang terakhir adalah dimana kamu harus memiliki rekam jejak Bank yang baik, jika kamu pernah mendapatkan blacklist atau catatan buruk misal karena tidak membayar kartu kredit, atau macet dalam membayar berbagai angsuran yang pernah kamu lakukan, maka kemungkinan besar untuk mendapatkan aprove dari Bank agar bisa mengikuti KPR bersubsidi ini akan sedikit sulit, maka dari itu pastikan bahwa kamu tidak pernah memiliki rekam jejak yang buruk di Bank.

Itulah beberapa persyaratan ketika kamu akan membeli rumah KPR bersubsidi, banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu membeli rumah bersubsidi ini, misal seperti DP yang lebih terjangkau, biaya angsuran yang lebih ringan, material yang lebih berkualitas, namun sayangnya biasanya rumah yang bersubsidi ini memiliki lokasi yang kurang strategis, jadi mau tidak mau kamu harus mengikuti hal itu, dan jangan berharap bisa memiliki rumah di lokasi yang kamu idamkan, namun akan sangat beruntung jika memang rumah bersubsidi tersebut berada di lokasi yang memang kamu butuhkan.